Bahasa Indonesia Kelas VIII .1

 


Materi Bahasa Indonesia kelas VIII. 1


Teks Eksposisi

 

A. Mengenali Unsur – Unsur Teks Eksposisi

Unsur teks eksposisi akan memberikan gagasan, fakta, dan pola pola pengembangannya dalam artikel ilmiah. Dengan mempelajari unsur unsur teks eksposisi, diharapkan kamu akan paham dalam beberapa aspek mengenai informasi teks eksposisis dan pola pengembagannya. 

1. Gagasan dan fakta dalam Teks Eksposisi

Teks eksposisi memuat penilaian, dorongan, atau ajakan ajakan tertentu kepada khalayak. Bentuk teks eksposisi, terutama di dalam media massa, dapat berupa esai, tajuk rencana (editorial), ataupun tanggapan kritis.

Gagasan disebut juga ide ataupun pendapat. Isinya berupa pernyataan yang mungkin berupa komentar, penilaian, saran, dorongan, dan bujukan. Contoh:  Jika Pemerintah tidak cepat bertindak dalam sepuluh tahun mendatang, hutan Sumatera akan musnah dan diikuti oleh musnahnya hutan Kalimantan.

Fakta adalah (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar benar ada atau terjadi. Hal ini berfungsi untuk memperkuat gagasan sehingga diharapkan lebih meyakinkan khalayak. Contoh: Selama bulan Januari sampai Oktober, 45% dari keseluruhan titik kebakaran terkonsentrasi di Provinsi Riau.

2. Pola pola Pengembangan Teks Eksposisi

Dalam teks eksposisi, hubungan antar bagian dalam teks berpola sebab akibat. Berikut pola yang dapat digunakan di dalam pengembangan teks eksposisi. : 

a. Pola umum khusus

Ide pokok bagian teksnya ditempatkan pada awal paragraf yang kemudian diikuti oleh ide ide penjelas. Pola demikian dikenal sebagai paragraf deduktif. 

b. Pola khusus umum

Bagian terakhir dalam bagian teks ini berfungsi sebagai simpulan atau rangkuman dari pendapat pendapat yang dikemukakan sebelumnya. 

c. Pola ilustrasi

Ilustrasi ilustrasi tersebut berfungsi untuk membuktikan suatu pendapat. Dalam hal ini pengalaman pengalaman pribadi merupakan bahan ilustrasi yang paling efektif dalam meyakinkan kebenaran suatu gagasan. 

d. Pola perbandingan

Untuk meyakinkan suatu pendapat, kamu dapat melakukan suatu perbandingan. Benda benda, keadaan, atau yang lain ditentukan perbedaan ataupun kesamaannya berdasarkan aspek tertentu. Dengan cara demikian, keyakinan pembaca atas gagasan yang kita sampaikan akan lebih kuat.

 

Perhatikan teks berjudul Nasib Hutan Kita Semakin Suram, Buku Bahasa Indonesia, Kemdikbud, halaman 60 – 61.

Penugasan

1. Berikan komentarmu pada kolom komentar di bawah, tuliskan pula namamu

2. Silakan Kalian bacakan Nasib Hutan Kita Semakin Suram melalui VN WAGrup Bindo 81,

 lalu kirimkan ke WA Grup Bindo 81

 

Jakarta, September 2021

Pak Efendi

29 Comments

  1. Baik pak terimakasih

    Alya Fakhrunnisa
    Kelas : 8.1
    Absen : 05

    ReplyDelete
  2. Kimmy Ramadhan Wijaya kelas 81 absen 21

    ReplyDelete
  3. Terimakasih pak, saya siap mengerjakan tugas

    Nama: Zahra Sofiana
    Kelas: 8.1
    Absen: 39

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Nama : shelvia Mutia Innaya
    No. Absen : 34
    Kelas : 81
    Hadir dan sudah membaca materi yang bapak berikan
    Terimakasih pak 🙏

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum
    Nama : Aura mauliyan
    Kelas : 8.1
    Absen : 08
    Hadir pak dan sudah membaca materi yang bapak berikan
    Terimakasih pak🙏

    ReplyDelete
  7. Nama : Rasya Cahya Ramadini,
    Kelas : 8.1,
    No. Absen : 31
    Baik pak, terimakasih

    ReplyDelete
  8. Nama : Mifta Aulia Putri
    kelas : 8.1
    absen : 24
    baik pak , terima kasih

    ReplyDelete
  9. Nama : zaskia khairun nisa
    Kelas : 8.1
    Absen : 40
    Baik pak , trimaksih

    ReplyDelete
  10. Nama: Cantika Kirana Ramadhani
    Kelas : 8.1
    Absen : 09

    ReplyDelete
  11. nama: Oktavia Ramadhani
    kelas: 8.1
    no absen: 26
    baikk PAKKK terimakasih

    ReplyDelete
  12. Nama : febe margareth marchigia
    Kelas : 8.1
    Absen : 16
    baik pak teriamaksih

    ReplyDelete
  13. Nama: Yasmin Khoiriyyah
    Kelas: 8.1
    Absen: 36

    saya sudah membaca materi dari bapak, terimakasih.

    ReplyDelete
  14. Daniel Alexander
    8.1
    10

    Sudah membaca materi dari bapak terimakasih

    ReplyDelete
  15. Nama: Arfaqa Muflih Halim
    Kelas: 8.1
    Nomer Absen: 06

    Saya sudah membaca materi dari bapak terimakasih

    ReplyDelete
  16. Nama: Puan Safana Maharani
    Kelas: 8.1 / No absen:27


    Baik pak, terimakasih

    ReplyDelete
  17. Nama : Fatimah Azzahra
    Kelas : 8.1 absen : 13

    baik pak, terimakasii

    ReplyDelete
  18. Nama:Deco Arya Putra
    Kelas:8.1
    Absen:11

    ReplyDelete
  19. Nama : Fayza Lufti
    Kelas : 8.1
    Absen : 15

    Baik Pak, terimakasih

    ReplyDelete
  20. Nama : Muhammad Haikal Ramadhan
    Kelas : 8.1
    No.absen :25

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum
    Nama:Zahara Ramadhani
    Kelas:8.1
    Absen: 38
    Baik pak terima kasihh

    ReplyDelete
  22. Nama:habel jofe trian
    Kelas:8.1
    Absen:18

    ReplyDelete
  23. Nama : Siti Zahra Mudrika
    Kelas : 8.1
    Absen : 35

    ReplyDelete
  24. Nama: Aura Bunga Ramadhani
    Kelas : 8.1
    Absen : 07
    Baik pak, Terimakasih 🙏

    ReplyDelete
  25. Nama: Adrian Rizky Wijaya
    Kelas:8.1
    Absen:02
    Baik pak terimakasih

    ReplyDelete
  26. Nama: Faiz Barizun Mufid
    Kelas: 8.1
    Absen: 12
    Baik pak, Terimakasih 🙏

    ReplyDelete
  27. Nama: Putri Permata Ramadani
    Kelas: 8.1
    Absen : 28

    Baik pak terimakasih🙏

    ReplyDelete
  28. Nama : Fityan Quraaniy Fariid Emhaj
    kelas : 8.1
    absen : 17

    Baik pak terimakasih

    ReplyDelete

Setelah Membaca materi diatas, Silahkan bertanya Kepada Gurunya yaa

Jangan Lupa Absen Kehadiran dulu, dan Kerjakan Tugas yang diberikan oleh gurunya