BAB. 1 : INDAHNYA MENGAMPUNI (PAK. KLS. 7.5, 7.8)

Shalom, Selamat pagi buat anak - anak sekalian hari ini kita mempelajari tentang apa itu mengampuni ?

MATERI PAK & BP KLS. 7 BAB. 1 INDAHNYA MENGAMPUNI

pernahkah kamu mengampuni temanmu ? mungkin ada sebagian dari kamu mengatakan pernah atau tidak pernah. Mengapa seseorang sulit mengampuni hal inilah yang perlu kamu ketahui kenapa seseorang sulit untuk mengampuni ?

Kita harus terlebih dahulu tahu apa itu mengampuni, Mengampuni adalah tindakan memaafkan orang yang bersalah. Dalam Alkitab, kata Yunani yang diterjemahkan "mengampuni" berarti "merelakan". ini sama seperti orang yang tidak menuntut orang lain membayar utangnya. Jadi, pengampunan berarti membebaskan dirimu dari kebencian dan membiarkan perasaan damai menguasai hatimu. Mungkin ini merupakan hal yang sulit untuk kita lakukan namun jika kita membiarkan Roh Kudus menguasai kita maka Tuhan akan memberikan kita kekuatan untuk mampu mengampuni seseorang sekalipun seseorang tersebut sudah melukai hati kita. Berdoalah kepada Tuhan agar Roh Kudus memberikan setiap kita penghiburan (Parakletos = Roh penghibur). Arti pengampunan dalam presfektif iman Kristen. Pengampunan berarti kita membebaskan seseorang dari kesalahan yang telah dibuatnya. Namun, dalam realita hal ini tidak mudah dilakukan. Pengampunan ini merupakan bentuk nyata belaskasihan Allah terjadap umat manusia. Apa yang terjadi dengan orang yang tidak bisa mengampuni kesalahan orang lain? orang sulit mengampuni karena kesalahan yang "terlalu berat" untuk dimaafkan. Ingatkah kamu dengan kejadian terakhir saat berseteru dengan dia yang sudah disakiti? kejadian tersebut bisa merupakan kesalahan yang fatal bagi orang tersebut sehingga sulit dimaafkan. Berdoalah kepada Tuhan Yesus agar kita dimampukan untuk bisa mengampuni orang lain yang menyakiti hati kita. Bagaimana cara kita mengampuni menurut Alkitab. Alkitab mengajarkan kita untuk mengampuni musuh kita menurut yang diajarkan Yesus Kristus. 
1. Kasihilah musuhmu dengan mendoakannya agar dia bertobat (Matius 5:44 & Lukas 6:27-29)
2. Janganlah membalas Kejahatan dengan kejahatan (1 Petrus 3:9 & Roma 12:17, 19)
Manfaat dari pengampunan yaitu melupakan, juga tidak berarti permisif terhadap pelanggaran, meskipun pengampunan dapat membantu memperbaiki hubungan yang rusak, itu tidak mewajibkan kita harus sejalan dengan orang yang menyakiti. Tindakan memaafkan membawa kedamain pikiran dan membebaskan kita dari kemarahan. Contoh pengampunan yang nyata yang dapat kita teladani adalah teladan Yesus Kristus saat dia disalibkan dikayu salib. Tuhan Yesus tidak membalas tindakan orang -orang yang menyiksa dan menyalibkannya justru sebaliknya Yesus mengatakan dalam doanya  ampunilah mereka sebab mereka tidak apa yang mereka perbuat. Hal ini menunjukkan bagaiman sikap Yesus Kristus sangat megasihi orang - orang yang berdosa sehingga dengan pengorbananya di kayu salib maka ada pengampunan dosa, Hal ini sudah merupakan rencana Allah bagi orang - orang berdosa dimana manusia sudah hidup dalam benih dosa sejak Adam dan Hawah jatuh dalam dosa. Dengan demikian Allah merencanakan keselamatan bagi orang berdosa melalui pengorbanan Yesus Kristus dikayu salib (Yohanes 3:16), bahwa manusia sebelumnya sudah ada dalam benih dosa (Roma 3:23). dan akibat dosa adalah maut tetapi kasih karunia Allah adalah hidup yang kekal (Roma 6:23). Yang menjadi dasar  motivasi Allah untuk mengampuni manusia berdosa adalah "KASIH" sehingga melalui kasih Allah kepada manusia maka manusia tidak binasa melainkan hidup yang kekal. Pengorbanan Yesus Kristus dikayu salib membuktikan bahwa melalui kematian dan kebangkitan Yesus Kristus ada pengampunan yang diberikan tanpa syarat  beda dengan pengampuan yang diberikan oleh hukum dunia yang selalu bersyarat ketika sesorang ingin menerima pembebasan dari segala hukuman yang berikan kepadanya. Pengampunan yang Allah berikan, kepada kita selalu bernilai kekal dan tanpa syarat. Dengan demikian kita sebagai orang Kristen, kita harus meneladani apa yang Yesus Kristus  tunjukkan kepada kita melalui kebenaran Firman Tuhan. 

Mari kita perhatikan apa yang dialami oleh Tuhan Yesus saat Dia berkomitmen untuk mengampuni dosa-dosa kita !








PERHATIKANLAH VIDIO DIATAS ?
BERIKAN TANGGAPAN MU TENTANG KISAH VIDIO DIATAS ?


0 Comments