Memahami dan Menghafal Asmaul Husna

 

اَلسَّـــلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهْ

 

Materi Kelas VII Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

 

“Memahami dan Menghayati Asmaul Husna”

 

Gaimana khabar anak-anak-ku semua, semoga selalu diberi kekuatan dzahir maupun bathin dan sehat jasmani dan rohani oleh Allah SWT,  tentu sudah siap untuk belajar semua, hari ini kita akan mempelajari, memahami, dan mengkaji serta menghafal dalil naqli maupun dalil akli tentang :

“Memahami dan Menghayati Asmaul Husna”

Asmaul Husna secara bahasa, berarti 'nama-nama yang indah dan baik.

Maksudnya, nama-nama yang menjelaskan sifat-sifat Allah SWT yang indah lagi baik. Nama-nama indah dan baik Allah SWT atau Asmaul Husna ini tercantum di dalam kitab suci Al-Qur'an surat Al-‘Araf : 180 yang berbunyi :

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ.

Artinya :

“Dan Allah memiliki Asma'ul-Husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma'ul-Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan” Q.S. Al-‘Araf : 180

 

Jumlah nama-nama indah lagi baik bagi Allah SWT atau Asmaul Husna tersebut ada 99. Sebenarnya, nama-nama baik Allah SWT memiliki jauh lebih banyak, namun jumlah yang paling masyhur adalah 99.

Nama-nama ini tidak hanya menunjukkan keindahan, namun juga mewakili keagungan serta kesempurnaan-Nya. Terkait Asmaul Husna, Allah SWT berfirman sebagai berikut:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۗ لَهُ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى

Artinya :

“(Dialah) Allah, tidak ada tuhan selain Dia, yang mempunyai nama-nama yang terbaik”. Q.S. Taha : 8

Setiap Asmaul Husna memiliki arti dan makna tersendiri yang tentunya sangat baik. 99 nama Allah SWT ini memiliki berbagai keutamaan saat kamu memahaminya. Itulah mengapa, menghafalkan dan memahami makna Asmaul Husna menjadi satu di antara hal yang sangat penting.

Terkait dengan bab ini coba anak-anak-ku semua, bacalah berulang-ulang dangan teliti sampai lancar, dan di hafal, serta pahamilah dengan sungguh-sungguh maksud materi tersebut.

 

Sebelum mengerjakan materi pelajaran tersebut lakukanlah terlebih dahulu :

1. Berdo’a mohon kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga dimudah kan urusan kita dan diberi ilmu ayang berfanfaat. Aamiin.

2.  Lakukanlah shalat Dhuha walaupun hanya 2 raka’at.

 

Tugas :

 

1.   Salinlah di tulis ( dicatat ) kembali dengan tulisan tangan.

2.   Hafalkan Aasmaul Husna !

3.   Setelah selesai kirimkan ke WA saya 081310233262 disertai nama, kls, dan foto mengerjakan,...

 

 

"Selamat Belajar"

 

وَالسَّـــلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهْ

0 Comments